MS#18 THE POWER OF POSITIVE THINKING INDONESIA

Masih membahas buku Motivasinal Speaking , kita sampai bab 2 di video ke 3 , Berbicara sepenuh hati membuat kita sangat meyakinkan , kita layak untuk bebricara . Kita layak untuk menjual kalau kita sales, kita yakin kalau barang ini bisa saya jual . Ada sesuatu yang meyakinkan hati apakah itu design, kualitas, awetnnya . Kita harus mengatakan produk ini bagus untuk di jual , tetapi ada sesuatu yang layak untuk di tawarkan . Kita yakin menghadapi orang , orang itu layak saya bantu , setidaknya ada 3 segitiga yang kongruens ada 3 tentang diri kita sendiri , produk itu sendiri dan orang yang saya juali . Kalau kita penjual, kalau kita motivasi ya kita layak untuk berbicara tentang hal ini , kedua hal ini layak untuk di sampaikan , ketiga dia mau dia butuh dia layak untuk di sampaikan , 3 hal kalau kita yakin maka komunikasi akan sangat efektif , kalau tidak yakin menjadi tidak efektif , ini sudah di bahas panjang lebar di video pertama dan kedua yaitu berbicara dengan sepenuh hati . Di video ke 2 itu sendiri yang membuat kita sepenuh hati , bagaimana kita bisa percaya diri , tentang diri kita, produk yang saya bawa dan orang yang mau saya juali kalau kita sales. Kalau kita motivasi ya bagaimana caranya , kalau video pertama idenya kalau kita bisa meyakinkan akan 3 hal , diri , ide dan orang yang kita ajak . Lalu caranya bagaimana ? Sehingga tidak ada bantahan2 di dalam diri kita ini hanya ada 1 ide, tidak ada 2 ide yang stau ingin melesat yang satu menghambat . Kalau masih ada itu kita menjadi ragu karena masih ada perbantahan , perbantahan itu sering kita sebut mental blok . Di dalam itu selaras, sehingga bisa melesat tanpa hambatan , yang menghabat itu bukan di luar tapi ini internal , bukan soal kita punya apa anaknya siapa tetapi soal di dalam , bagaimana kita membuat meaning kita sendiri , haluan kita sendiri dan bagaimana membuat ide kita dan membuat meaning yang orang kita ajak bicara . Bagaimana caranya , ada videonya di video 1 dan 2 sudah saya tulis link nya di deskripsion kalau ingin melihat video 1 dan ke 2. Video ke 3 saat ini adalah kekuatan presepsi positif . 

Hal 60 , kekuatan positif thingking . Setiap orang selalu punya sisi baik dan sisi buruk , tidak satupun di ciptakan semuanya buruk . Bahkan kita melihat penjahat masih terlihat sisi baik , Orang yang cacat ganda tetap melihat sisi baik . Tetap ada maknanya , Allah ciptakan makhluknya tidak sia-sia . Ketrampilan melihat sisi baik yang di sebut presepsi positif , Positif thingking kemampuan kita melihat sisi baiknnya ,makna baiknya dari kejadian ataupun sesuatu . Kalau kita mampu presepsi positif memberikan dampak luar biasa , untuk memperbaiki cara pandang kita terhadap orang baik kita kenal maupun belum . Presepsi positif membuat kita dengan mudah melihat kebaikan orang lain,manfaat suatu benda , makna di balik setiap peristiwa. Itu menjadi mudah sehingga kita menjadi mudah bersyukur , Presepsi positif membuat kita mudah melihat kebaikan orang lain sehingga dia mudah tersenyum tulus , sehingga dia mudah di terima banyak orang . Karena kita melihat orang itu melihat sisi baik , sehingga wajahnya wajah senyum . Karena di dalam imajinasi melihat orang itu dilihat baiknya , akhirnya kata2nya pun kata2 indah . Kalau kita biasa negatif thingking itu hidup yang di lihat buruknya , penuh keluhan , yang di lihat jeleknya , dirinya yang di lihat kelemahnya . Rumahnya di keluhkan, suaminya di lihat kekurangannya , anaknya di lihat kesulitannya . Ini menjadi sulit untuk bersyukur adanya cuma keluhan terus , Itu ya sahabat2 . Nah , Para uztad mengatakan , bahwa ada sebuah hadizt suci , Firman Allah yang di catat dalam hadizt tidak di catat dalam Al-Qur'an : Aku bersama prasangka hambaku padaku , Kalau prasangka baik ia mendapatkan kebaikan, kalau prasangka buruk mendapatkan keburukuan, ini luar biasa. Maka positif thingking memiliki makna dan manfaat yang sangat besar. Kalau kita berposifit thingking kita mendapatkan positifnya , kalau kita negatif kita mendapatkan negatifnya , ini jelas . Kalau melihat kebaikan orang akan merespon baik , maka kerjasama mudah di lakukan , kita di terima banyak orang . Kalau terus mengembangkan sikap negatif maka wajah kita menjadi wajah yang seperti mencari jeleknya orang , mejadi wajah tidak bagus . Maka respon orang tidak bagus karna ini seperti cermin .Kalau saudara2 ingin melihat , lihatlah respon orang2 terhadap dirimu , tidak sahabatmu yang terdekat tapi orang banyak . Kalau adan di sukai orang banyak , maka anda termasuk orang2 yang di sukai oleh mereka , Anda tidak akan bisa menyukai mereka kalau anda tidak bisa mengembangkan sikap yang membuat anda suka , artinyasikapnya anda melihat mereka menyenangkan maka anda menjadi suka , tapi kalau yang di lihat tidak menyenangkan maka akan sama . Maka kalau ingin melihat anda sudah psoitif atau belum , lihatlah orang banyak , kalau anda di sukai orang banyak maka kita akan menyukai orang banyak . KAlau wajamu senyum orang akan senyum kepadamu , kita tidak bisa senyum kalau mikirnya negatif terus . Begitu ya sahabat2 salah satu manfaat yang besar dari Positif thingking. 

Apapun yang kamu katakan entah bisa atau tidak bisa keduanya kamu benar , tapi kalau tidak bisa ya nggak bisa . Kalau saya yakin bisa maka akan banyak upaya untuk kesitu . Itu selaras sekali dengan hadizt tadi . Kalau prasangkamu baik kamu mendapatkannya kalau prasangkamu jelek kamu ya mendapatkannya , luar biasa. 

Satu wabah yang paling buruk yang di jumpai manusia yang telah bergolak berabad2 adalah tidak ingin , Orang terus memelihara ketika berfikir berbicara bertindak dan fokus terhadap apa yang tidak mereka  kita inginkan , tetapi mereka  selalu mengeluh tentang ketidak mampuan , dengan seperti itu mereka memposisikan diri menuju kondisi yang di yakininya dan dia fokus terus kesitu , artinya dia kalau tidak ingin gagal itu fokusnya di situ . Maka fikiran kita tidak cukup waktu , mungkin ada karena fokusnya pada kegagalan fokusnya pada ketidak mampuan , kekhawatiran , kecil hati kebencian . 

Pertanyaan terpenting yang dinyatakan manusia kepada diri sendiri adalah , apakah dunia ini ramah ? apapun jawaban anda maka itu yang akan anda alami dalam hidup anda, hati2 tentang apa yang anda ucapkkan . Itu bukan hanya para motivator tapi para hadizt juga mengatakan . Maka jangan fokus kepada keburukan , fokus pada kebaikan agar mudah bersyukur . Kalau fous kepada kejelekan kita menjadi tukang ngeluh , kalau fokus pada kebaikan kita akan tersenyum . Banyak bersyukur maka akan di tambah nikmatnya . Sungguh ketika kamu bersyukur , sungguh kami akan tambahkan nikmatnya . Tapi nikmay itu bisa apapun , kalau uang uangnya tambah , kalau berkah maka berkahnnya tambah . Berkah itu kemanfaatan dan kenikmatannya dan mungkin jumlahnya . KAlau kita mensyukuri anak-anak kita ,tapi yang di fokusi adalah kebaiknnya . sheingga kita bisa bersyukur kepada Allah , Yang di syukuri kelebihannya jangan ngeluh terus jeleknya , Padahal Allah berjanji kita syukur nikmatnya di tambah . Bersyukur tentang anak anak kita jadi hebat , bersyukur pada suami.  Ya anak kita jadi hebat . Tambah baik . Pokonya yang di syukuri itu akan bertambah ini janji Allah ok ya . Tak kasih contoh , apa yang kita tidak syukuri ia menjadi tidak berkah . Kita kalau suka sama barang pasti barang itu kita rawat , paling banyak montor . Kalau kita sukai itu kita rawat , aneh sedikit kita taruh bengkel .Setiap hari di cuci mesinnya bersih . Tapi karena kita tidak suka , akhirnya kita kecewa dengan montornya . Karna kecewa ya nggak suka , di biarin . taruh di luar Kehujanan , kepanasan di biarin ahirnya cepet rusak . Jok nya kena hujan panas cepet rusak pecah2 sobek , di biarkan akan hancur, mesin kotor berdebu . Oli tidak di ganti , busi tidak pernah di bersihkan . Kalau kita pakai tidak pernah jrek kalau kita rawat terus , niscaya itu . Suatu ketika di pakai dia tidak memuaskan padahal sudah janjian dengan client, jadi nggak berkah . Sesuatu yang di keluhkan menjadi tidak banyak mendapat manfaat . Sebenarnya dia banyak sekali manfaat , sebetulnya dia memberikan manfaat tapi karna dia mengeluh , kita tidak mendapatkan manfaat . Itu tidak hanya barang , orang pun . Kalau kita ngeluh terhadap anak buah maka kita akan sulit mendapatkan potensinya untuk mendapatkan pekerjaan , Sehingga potensinya ngga keluar, kita menjadi tidak trust . Ketika tidak trust dia tidak banyak membantu . Begitu sahabat2. Sekarang tentang kejadian/ situasi .

Situasi yang buruk menimbulkan trauma, trauma menyebabkan kita tidak berani action di masa depan , meskipun kejadian buruk selalu ada hikmah kita menjadi orang yang nggak ragu-ragu . Tidak banyak mental trauma , karena yang di ciptakan Allah itu bermanfaat bagi kita . Kamu adalah seperti yang kamu Pikirkan . Keyakinanmu adalah posisimu , kalau keyakinanmu buruk kamu sedang memposisikan diri pad akeyakinan yang buruk . KAlau keyakinanmu baik kamu sedang menuju keyakinanmu yang lebih baik . Tentang Achivement , tentang persahabatan,cinta, kontribusi, dan tentang semuanya . Keyakinanmu akan membawa kamu menuju kesitu. Kalau keyakinan mu baik kamu dapat , akalu jelek juga kamu dapet . 

Kita akan meraih kemenangan meskipun kelihatnya... 

KEmenangan bukan soal kelihatannya tapi soal keyakinan, jadi meskipun kelihatannya tapi kamu yakin atau ndak . KAlau kamu yakin untuk menang kamu akan mengeluarkan seluruh powermu , kalau powernya tidak di keluarkan bagaimana bisa mendapatkan hasil terbaik . Ini sahabat manfaat positif thingking Orang menjadi mudah bersyukur , di terima banyak orang karna dia bagus wajah syurgawi . Setiap ketemu orang tersenyum karena dia melihat kebaikan , menghadapi situasi dengan tersenyum . Karna dia banyak melihat potensi ,  kalau mengeluh sulit melihat kesmepatan karena keluhannya terlalu banyak . Kalau dia positif thingking banyak kesmepatan tampak . Maka ada pepatah mengatakan , Seorang berfikir positif bisa melihat yang tidak tampak pada orang banyak . Dan bisa merasakan apa yang di rasakan orang lain . Dan dia bisa meraih apa yang dia anggap impossible . So be positif , Bagaimana caranya positif thingking , itu perlu di latih . Tidak mudah seperti membalik tangan , itu ada di dalam habbit, pikiran . Caranya latihlah pada hal2 positif , segala sesuatu ada hal baik dan buruk . Latihlah agar segala sesuatu itu menjadi tampak manfaatnya . Segala sesuatu melihat kita banyak bahagia , Karna kalau kita melihat buruknya akan marah terus . Namanya manusia , itu latihan . Kalau jeleknya kita marah terus , makanya lihat baiknnya . Kalau kita lihat jeleknnya maka akan marah sedih , maka lihat baiknya . Kalau kenyataan ada jeleknya maka jeleknya di perbaiki . Tapi baik nya harus kita akui supaya kita Alhamdulillah supaya kita di berikan karunia . Jadi jelek kelihatan dan bagusnya lebih banyak . Tapi lihat lebih banyak bagusnya ,yang lebih banyak , karna kalau sisi positif lebih banyak kita mudah bersyukur , berfikir jernih dan menjadi meaning full , itu adalah fokus pada hal positif . 

Cara kedua positif meaning , setiap pengalaman ini mempunyai makna pembelajaran , cari hikmah , meaning baik . Sekalipun kejadi buruk tetap saja ada meaningnya da hikmahnya . Percayalah pada firman Allah , Tidak ada yang di ciptakan Allah sia-sia . Bahkan kejadian buruk ada maknanya. Apa yang di ajarkan Allah kepada kita pada kejadian buruk ini . 

Pertama lihat baiknnya , ternyata ngak ketemu baiknya ya jadikan lagi . Dibalik ini ada kebaikan apa yang terjadi pada kita , itu yang kedua cari hikmahnya . Yang ketiga , ada sebuah paradikma mengatakan Bad meaning create bad actions